Lamaran pekerjaan adalah sebuah portofolio adab profesional
untuk meminta pekerjaan sesuai lowongan yang disediakan di perusahaan. Dalam mencari pegawainya, tentu perusahaan
tidak sembarang mencari karyawan. Perusahaan
menyaring seseorang yang sangat dibutuhkan perusahaan. Agar, roda organisasi perusahaan yang lowong
bisa dijalankan lagi oleh orang yang benar-benar dibutuhkan perusahaan.
Langkah pertama kita dalam mencari pekerjaan adalah dengan
melamar pekerjaan. Untuk mencapai
tahapan terseut ada tahapan yang harus dilalui.
Berikut merupakan langkah-langkah dalam melamar pekerjaan:
1. Mencari perusahaan yang menerima pegawai
Pertama-tama kita harus mencari
perushaan yang mencari pegawai. Mengapa?
Walaupun setinggi-tingginya tingkat pendidikan kita, apabila perusahaan tidak
membutuhkan pegawai. Pasti akan mental
lamaran kita
2. Seleksi perusahaan yang sesuai dengan latar
belakang pendidikan kita
Langkah kedua. Setelah mencari perusahaan yang mencari
pegawai, lalu seleksi perusahaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Misal perusahaan mencari pegawai di bagian
administrasi dan membutuhkan latar belakang pendidikan terakhir SMA. Apabila latar belakang pendidikan terakhir
kita SMA, maka posisi lowong tersebut masuk dalam kategori pekerjaan yang bisa
kita masuki lamaran. Apabila Perguruan
Tinggi Negeri dengan ilmu tertentu misal D3 Perpajakan, maka kita tidak bisa
melamar ke perusahaan tersebut.
3. Seleksi lagi perusahaan yang sesuai dengan
minat dan bakat kita
Langkah ketiga. Setelah sesuai dengan latar belakang
pendidikan, seleksi lagi apakah pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang
sesuai dengan minat dan bakat kita. Karena
mayoritas pekerja di Indonesia, tidak selalu merasa langsung cocok bekerja
dalam kurun waktu 6 bulan pertama. Malah
ada yang belum mencapai sebulan sudah mengundurkan diri dari perusahaan karena
tidak cocok. Maka, carilah pekerjaan
yang sesuai minat dan bakat agar bisa
langgeng dan fokus meraih jenjang dalam perusahaan. Semakin tinggi jenjang, tentu gaji semakin
tinggi.
4. Buatlah Lamaran Pekerjaannya
Terakhir. Setelah semua hal tersebut telah
diseleksi. Sekarang semua ada di kita,
pekerjaan apa yang pas setelah semua penyeleksian tadi. Buatlah surat lamaran lengkap. Yang isinya surat lamaran, C.V, pas foto 4x6, ktp, ijazah pendidikan terakhir,
dan surat keterangan sehat. Lalu semua
dimasukkan ke dalam amplop coklat (beli di tukang fotokopi, bilangnya beli
amplop coklat). Apabila sudah semua
selesai, lalu datanglah ke perusahaan tersebut dengan pakaian yang pantas. Biasanya memakai kemeja, celana dasar, dan
model yang rapih.
Semoga langkah-langkah tersebut bisa membantu
anda dalam menentukan pekerjaan yang anda butuhkan dan anda inginkan. Selamat melamar pekerjaan.
0 komentar:
Posting Komentar